Senin, 04 Juni 2012

Asam Urat dan Pengobatannya

Kadar asam urat yang berlebih didalam tubuh kita mengakibatkan rasa yang tidak nyaman, agar dapat kembali normal maka sangatlah disarankan untuk mengontrol makanan yang dikonsumsi dengan menghindari makanan dan minuman yang merupakan pantangan dan menjadi pemicu penumpukan asam urat yang berlebihan dalam tubuh . Kadar normal  asam urat untuk wanita berkisar 2.4 hingga 6 sementara bagi pria yaitu 3.0 hingga 7. Makanan yang menjadi pantangan antara lain seperti dibawah ini :
No
Kelompok Makanan
Jenis Makanan
1
Lauk Pauk
Jerohan,hati,ginjal,limpa,babat,paru,usus dan otak
2
Kemasan kaleng
Kornet,sarden,daging,telur
3
Fermentasi
Bir,wiski,anggur,tape,tuak
4
Kacang-kacangan
Tempe,taucho,oncom,susu kedelai,kacang tanah,kacang hijau,tauge,mlinjo
5
Sayuran dan buah
Bayam,kangkung,daun singkong,asparagus,kembang kol,buncis, durian ,alpukat nanas dan air kelapa
Pengobatan asam urat
Diet asam urat untuk pembatasan makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi bagi penderita asam urat akut maupun kronis, cukup kalori (sesuai dengan kebutuhan tubuh) tinggi karbohidrat, rendah kalori, rendah lemak, tinggi cairan dan tanpa alkohol.
  • Diet normal biasanya 600-1000 mg purin perhari sedangkan bagi penderita asam urat harus mengurangi kadar purin hingga kadar konsumsi sekitar 100 – 150 mg purin.
  • Dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran yang tidak mengandung purin minimal 300 gr per hari kecuali asparagus, kacang polong, buncis, kembang kol, bayam dan jamur agar tetap dihindari.
  • Untuk meningkatkan memacu pembuangan asam purin melalu urin maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat komplex seperti nasi, singkong, roti, ubi tidak kurang dari 100 gr / hari.
  • Sebaiknya hanya mengkonsumsi protein yang bersumber dari protein nabati dengan aturan maksimal 1 gr / kg berat badan perhari atau kira-kira 50-70 gr/harinya
  • Memperbanyak minum air putih minimal 2.5 liter atau 10 gelas perhari dan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, blewah, belimbing dan jambu air

Tidak ada komentar:

Posting Komentar