Minggu, 26 Agustus 2012

Penyebab Kolesterol Tinggi



Kolesterol sudah diproduksi oleh hati secara alami sebesar 80 %  dan 20 % sisanya ditentukan oleh factor luar diri anda salah satunya adalah makanan. Penyebab kolesterol tinggi biasanya berasal dari makanan. Jenis dan jumlah makanan yang anda makan merupakan penyebab terbesar kadar kolesterol.

1. Makanan yang menjadi penyebab kolesterol tinggi ada di sekitar anda, dan yang paling berpengaruh adalah makanan yang mengandung lemak jenuh. Contohnya : mentega, gorengan, kuning telur, keju, daging berlemak, susu berlemak tinggi, coklat, karamel. Makanan lain yang juga menjadi penyebab kolesterol tinggi karena memang kandungan kolesterolnya tinggi yakni : cumi, udang, belut, siput, kerang, kepiting dan telur puyuh.

2. Penyebab kolesterol tinggi yang kedua adalah berat badan. Meskipun tidak semua orang kurus bebas atau rendah kolesterol, tetapi kolesterol tinggi lebih banyak terjadi pada orang yang mengalami obesitas. Karena orang yang obesitas memiliki kandungan trigliserida (berperan menyimpan lemak, membentuk LDL serta penggumpalan darah) dan HDL yang cenderung rendah. Maka kalau anda termasuk orang yang memiliki obesitas (kegemukan), sebaiknya anda segera melakukan check-up ke dokter dan melanjutkan dengan olahraga teratur. Sebab kurangnya olahraga dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi akibat terhambatnya aliran darah.

3. Usia yang semakin meningkat juga salah satu faktor penyebab kolesterol tinggi. Karena bertambahnya usia, kadar kolesterol pun semakin tinggi akibat menurunnya daya kerja organ tubuh. Memperhatikan makanan seiring bertambahnya usia bisa menjadi solusi anda selain rajin berolahraga.

4. Selain ketiga hal di atas, faktor keturunan juga menjadi penyebab kolesterol tinggi. Seseorang bisa mendapat kolesterol tinggi karena faktor genetik keluarga yang mampu menghasilkan trigliserida maupun kolesterol melebihi batas normal. Kalau keluarga anda memiliki riwayat penyakit penyempitan pembuluh darah (jantung, stroke) sebelum usia 50 tahun, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kadar kolesterol.

5. Jenis kelamin juga merupakan faktor penyebab kolesterol tinggi. Sebelum menopause, wanita cenderung memiliki kolesterol rendah dibanding laki-laki. Tetapi setelah menopause, produksi kolesterol LDL pada wanita cenderung meningkat. Anda bisa mengurangi resiko kenaikan LDL dengan melakukan pola hidup sehat sejak sekarang.

6. Selain faktor-faktor di atas, penyebab kolesterol tinggi lainnya dari stress. Stress memicu seseorang untuk mengkonsumsi makanan tanpa kontrol dan juga mengubah gaya hidup sehat yang sudah dilakukannya.

Jadi  kalau anda ingin menjaga kadar kolesterol dalam darah lakukan pola hidup sehat. Lakukan juga pemeriksaan berkala untuk memantau kolesterol anda. Dengan mengetahui faktor penyebab kolesterol tinggi, anda bisa menghindari penyakit jantung atau stroke sedini mungkin. TRIBUULUS DINAMIC COFFEE membantu ANDA untuk mengatur dan menurunkan kadar Kolesterol dalam tubuh …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar